WHISTLEBLOWING

SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.

SIPP

Dengan Sistem Informasi Penulusuran Perkara atau SIPP, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan Informasi suatu perkara

e-Court

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik

Shadow
Slider
Selamat datang di website resmi Pengadilan Agama Takalar #Waspada terhadap segala tindak penipuan yang mengatasnamakan Pejabat Pengadilan Agama Takalar

RAPAT KOORDINASI PERDANA KETUA DAN WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA TAKALAR YANG BARU

. Posted in Berita Hits: 41

Takalar, Jumat 21 Juni 2019, Ketua Pengadilan Agama yang baru Ibu Adhayani Saleng Pagesongan,S.Ag mengadakan rapat koordinasi di ruang sidang utama Pengadilan Agama Takalar pada pukul 9.00 wita.  Rapat koordinasi ini merupakan rapat perdana bagi Ketua Pengadilan Agama Takalar sejak Beliau dilantik pada hari Kamis (13 Juni 2019) di Pengadilan Tinggi Agama Makassar.   Rapat koordinasi ini dilaksanakan dalam rangka untuk membangun koordinasi yang baik pegawai dan pejabat sebagai atasan langsungnya maupun untuk menyampaikan suatu kebijakan atau informasi yang baru dari level pimpinan kepada jajarannya.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pimpinan, para hakim, pejabat fungsional dan structural, serta staf dan honorer Pengadilan Agama Takalar . 

Rapat koordinasi ini dibuka dengan bacaan Basmalah oleh sekretaris Pengadilan Agama Takalar : Muhammad Ahsan Syuhudi,S.Sos yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua pengadilan Agama Takalar untuk menyampaikan  sosialisasi pembinaan di pengadilan Tinggi Agama Makassar, yang antara lain :

  1. Semua satuan kerja agar menjalin kerja sama antara ketua, wakil ketua, panitera dan sekretais;
  2. Hakim dan pejabat senantiasa professional  dalam melaksanakan pekerjaannya dan harus banyak belajar;
  3. Hakim dan aparatur peradilan jangan pernah menerima apapun dari pihak pencari keadilan;
  4. Hakim harus mempunyai integritas dan senantiasa menggali persoalan-persoalan hukum yang ada di masyarakat;
  5. LHKPN wajib dilaporkan setiap tahunnya;
  6. Pimpinan harus mengfungsikan dirinya sebagai pelayan masyarakat dan memberikan contoh yang baik, baik berupa tutur kata maupun akhlak;
  7. Para hakim dan panitera agar senantiasa membaca hasil rapat pleno ketua kama;
  8. Agar membuat register bantuan panggilan;
  9. Sebelum menyerahkan salinan putusan kepada para pihak agar diteliti terlebih dahulu jangan samapi terjadi ada salah pengetikan;
  10. Pembinaan berkala harus dilakukan sebagaimana tertuang dalam Maklumat KMA nomor 01 tahun 2017, pembinaan dan pengawasan dilakukan baik di dalam maupun di luar kedinasan. Hal ini untuk meningkatkan efejtifitas pencegahan penyimpangan dalam pelaksanaan tugas atau pelanggaran prilaku hakim dan aparatur peradilan.

acara dilanjut oleh wakil ketua Pengadilan Agama yang baru : bapak Dodi Yudhistira,S.Ag.,M.H.  Dalam kesempatan ini beliau menyampakan bahwa “bersyukur  dengan keadaan saat ini. Dimana kondisi Pengadilan Agama jauh lebih baik “ . Hal ini dapat dilakukan dengan bekerja sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas.  Dan jangan pernah ada yang bermain-main dengan pencari keadilan  dan jangan pernah menerima apapun dari mereka.   Beliau juga  menyampaikan tentang standar  pelayanan  KMA nomor 2 tahun 2012 serta Perma nomor 7, 8, 9 tahun 2016 serta maklumat KMA no 1 tahun 2017. 

Pada kesempatan yang lain  Panitera pengadilan Agama Takalar : Muh. Rais Naim,S.H.,S.Ag menyampaikan hasil sosialisai pembinaan di PTA Makassar di bidang kepaniteraan antara lain : selalu membaca hasil rapat pleno Kamar, dan register khusus terhadap bantuan panggilan.  Kemudian dilanjutkan oleh sekretaris yang menyampaikan persoalan-persoalan yang ada dikesekretariatan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab .  Untuk acara tanya jawab diberikan kesempatan oleh Ketua Pengadilan Agama Takalar , yang mana sudah tercatat maupun langsung ditanggapi baik dari para Hakim maupun tanggapan dari floor.

Dalam akhir rapat Ketua Pengadilan Agama Takalar  menyampaikan agar senantiasa menciptakan kenyamanan dan saling bekerjasama dalam menjalankan tugas-tugas kantor.

Ditulis oleh: Muhammad Ahsan Syuhudi,S.Sos.

rapatperdana 1              

 

rptperdana2